BERITA

  • KIRAB BUDAYA HUT KOTA MAGELANG

    KIRAB BUDAYA HUT KOTA MAGELANG

    Magelang, Sabtu 30 April 2016 Pemerintah Kota Magelang  mengadakan kegiatan gelar Kirab Budaya. Kegiatan tersebut  merupakan salah satu agenda dalam rangka peringatan HUT Kota Magelang ke-1110. Peserta Kirab Budaya adalah semua sekolah dan instansi yang ada di Kota Magelang. Bentuk kegiatan tersebut dengan menampilkan mobil hias dan persembahan tarian  yang berjalan dari Lapangan RinDam IV Diponegoro menyusur menuju Jalan A.Yani, alun-alun, Jalan Pemuda, hingga Jalan Tidar.

    SMA Negeri 5 Magelang salah satu peserta Kirab Budaya, yang menampilkan mobil hias dengan tema Lestarikan Budaya dengan Adiwiyata. Mobil dihiasi dengan bunga-bunga yang indah sebagai gambaran bahwa SMA N 5 Magelang, sekolah yang berwawasan lingkungan ikut memeriahkan pesta Kota Magelang sebagai Kota Sejuta Bunga. Kirab Budaya dilengkapi dengan tampilan tari “Rampak Adi”. Tarian ini  merupakan gabungan dari tiga jenis tari yaitu Tari Tandur,Tari Sapu, dan Tari Grasak.

    Tari Tandur merupakan gambaran nyata upaya untuk menciptakan ketahanan pangan. Disamping itu Tari Tandur juga merupakan manifestasi pelestarian lingkungan yang sekaligus pengejawantahan gerakan gemar menanam untuk menjaga keseimbangan alam. Sementara Tari Sapu, melambangkan gerakan cinta kebersihan dan keindahan. Satu aspek Adiwiyata “kebersihan” yang dikemas dalam bentuk budaya tari. Dengan kemasan ini diharapkan kebersihan dapat menjadi gerakan yang membudaya, sehingga terwujud lingkungan yang bersih dan indah. Tari Grasak merupakan visualisasi dari salah satu konsep Adiwiyata yaitu konsep 3R (Reduce,Reuse,Recycle). Daur ulang barang-barang tidak terpakai menjadi barang yang memiliki nilai tambah. Ini tervisualisasi dalam kostum yang dipakai dalam tari Grasak. Tari Rampak Adi dari SMA N 5 Magelang secara sinergis memvisualisasikan sebuah pengejawantahan gerakan budaya tari bernuansa budaya lingkungan.

    Dengan keikutsertaan SMA N 5 Magelang dalam Kirab Budaya ini diharapkan masyarakat lebih mengenal bahwa sekolah ini merupakan sekolah Adiwiyata yang selalu berperan aktif dalam setiap agenda yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Magelang. SMA N 5 Magelang selalu eksis dan berupaya berbenah diri agar  unggul dalam budi, berprestasi, terampil, dan berwawasan lingkungan. (evr)

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks