BERITA

  • KEGIATAN ADIWIYATA SMA NEGERI 5 MAGELANG

    KEGIATAN ADIWIYATA SMA NEGERI 5 MAGELANG

    SMA 5 Magelang kembali mendapatkan penghargaan di tingkat provinsi terkait dengan sekolah Adiwiyata. Untuk menindaklanjuti hal tersebut maka saat ini sekolah mempersiapkan diri untuk maju tingkat nasional. Dalam rangka menuju sekolah Adiwiyata atau sekolah berwawasan lingkungan tingkat nasional, maka berbagai program kegiatan telah dilakukan seperti pengelolaan limbah, penanaman pohon, pemeliharaan satwa,  kegiatan siswa berbasis lingkungan, kemitraan, pembelajaran yang berbasis lingkungan, kantin sehat, hidroponik, bank sampah, 3R, komposting, green house dan pemiliharaan satwa. Upaya untuk mengenalkan dan mewujudkan budaya cinta lingkungan pada siswa, maka siswa kelas X wajib mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Adiwiyata.

    Kegiatan ekstrakurikuler diikuti oleh seluruh siswa kelas X setiap hari Jumat. Masing-masing pokja dibimbing oleh koordinator pokja dan wali kelas. Setelah siswa melaksanakan proses pembelajaran pada jam ke 4, siswa melanjutkan kegiatan sesuai dengan tugasnya masing-masing. Program kerja yang dilakukan diantaranya perawatan kebun sekolah yang dibimbing oleh Agus Setyo Hartanto, S.Pd,  kegiatan komposting dibimbing oleh Dwi Ariyani, S.Pd, kegiatan greenhouse dibimbing oleh Drs. Eko Margo SBW, kegiatan 3R dibimbing oleh Vivin Aprilia, S.Pd, kegiatan pengelolaan limbah dibimbing oleh Rini Sumiarsih, S.Pd, kegiatan bank sampah dibimbing oleh Dra. Eva Ratih Wulan, M.Pd,  kegiatan pemeliharaan satwa dibimbing oleh Dra. Murtirahayu dan hidroponik dibimbing oleh Agus Siswanto, S.Pd.

    Adiwiyata adalah program terhadap sekolah yang bertujuan mewujudkan sekolah berwawasan dan peduli lingkungan. Diharapkan dengan sekolah berwawasan lingkungan ini seluruh warga sekolah peduli terhadap lingkungan, karena kita semua mengetahui bahwa kerusakan lingkungan ini sudah mengancam kehidupan di bumi. Upaya menyelamatkan lingkungan ini kita tanamkan pada siswa, guru dan karyawan SMA negeri 5 Magelang dan dilakukan secara bersama sama. Upaya penyelamatan lingkungan ini tidak dapat dilakukan secara individu sehingga perlu ditanamkan sejak dini melalui pendidikan agar tujuan penyelamatan bumi cepat tercapai (arn)

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks