BERITA

  • LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA TP.2016/2017

    LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA TP.2016/2017

                  Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMA Negeri 5 Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017, berlangsung mulai hari Kamis, 13 Oktober 2016 s.d hari Minggu, 16 Oktober 2016 di GSG sekolah. Kegiatan yang dilangsungkan dibawah koordinasi WKS 2 – urusan kesiswaan tersebut dimulai pada pukul 12.30 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB. Peserta LDKS adalah Pengurus OSIS, Paspama, dan Majelis Perwakilan Kelas ( MPK ), sebanyak 126 siswa. Kegiatan dilaksanakan untuk memberikan  latihan kepemimpinan bagi para siswa yang menjadi pengurus baru sebagai kader penerus angkatan sebelumnya. Pengurus OSIS dan Paspama mendampingi kegiatan tersebut agar kegiatan sekolah untuk selanjutnya beralih ke angkatan baru adik kelasnya.

                Kegiatan LDKS diisi dengan materi  latihan kepemimpinan, kedisiplinan, berorganisasi, kesekretariatan, surat-menyurat, kebendaharaan, PBB, penyusunan proposal, dan Outbond. Pemberi materi dalam kegiatan tersebut, selain dari Bapak-Ibu guru setempat, juga menghadirkan pemateri dari Universitas Muhammadiah Magelang (UMM). Pembekalan materi tersebut diharapkan bagi pengurus baru nantinya dapat menjalankan tugas berorganisasi dengan baik. Karena peserta adalah siswa tingkat SMA, harapannya mereka sudah mampu berkegiatan dengan mandiri, dimulai dari menyusun proposal, mencari sponsor, membuat surat-menyurat, menyusun anggaran, dan menyusun laporan akhir.

    Melalui kegiatan LDKS  ini  sekolah berharap untuk ke depannya  dapat membentuk calon-calon pemimpin bangsa yang berjiwa mandiri, disiplin, penuh tanggung jawab, dan siap menghadapi tantangan, serta memahami tatacara berorganisasi. Melalui organisasi dilingkungan sekolah, dapat membangun karakter siswa yang lebih baik, agar mereka juga dapat bersosialisasi di masyarakat. Dengan demikian para peserta diharapkan  dapat membagi waktu antara menyelesaikan tugas akademis dan tugas organisasi. Dengan demikian para pengurus ini benar-benar dapat menjadi siswa yang andal di sekolah. (EvR)

               

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks